..Life only travells once..
..Today moments becomes tomorrow memories..
..Enjoy every moment, good or bad..
..Because the gift of life is life itself..



Wednesday 6 January 2010

5 januari 2010


Hari ini, 5 januari 2010..adalah hari ulang tahun almarhum Bapak.

Kalau Bapak masih ada usianya 89 th..tapi bapak sudah pergi menghadap Sang Khalik..21 th yang lalu..

Ingatan saya tentang beliau tidak bisa dipaksa untuk hilang....tidak mungkin....

Beliau adalah penyemangat saya dan selalu ada bila saya membutuhkan.....

Kadang-kadang   sebenarnya pas saya ingin beliau nggak ada juga...

misalnya pada saat hari kepulangan saya dari OsPek awal mahasiswa dulu..yang harusnya saya pulang bareng teman-teman, beliau datang menjemput...hmmm...

Ada lagi pada saat beberapa teman saya datang ke rumah..pada saat jam 9 malam teng..beliau keluar ikut menemui teman2 saya untuk sekedar bilang.."sudah malam, ami harus istirahat...maaf"..hmmmm...

Tapi setelah saya beranjak tua seperti sekarang dan mempunyai anak, saya merasa apa yang beliau lakukan dulu itu adalah wajar, bentuk kehati-hatian dalam menjaga buah hatinya...bentuk make sure that i'm okay..

Hari ini seharusnya beliau berumur 89 th, tapi Sang Khalik lebih rindu kepadanya...ingin   Bapak segera kembali padaNya..

waktu itu saya teringat kata terakhirnya sebelum masuk ke ruang operasi (untuk kemudian selama 40 hari tidak sadar dan akhirnya pergi..).."ami, belajar yang baik ya!".....hanya itu...........

Saya ingat itu tanggal 29 Juni 1989..besoknya adalah hari ulang tahun saya..ketika saya membezuk beliau..saya cium dan bisiki beliau.."Bapak..hari ini ami ulang tahun,..nyuwun pangestu ya pak"..beliau hanya diam...

saya usap dan cium tangannya juga pipi beliau..saya ingat baunya.....

 
Dan ketika beliau akan wafat..sewaktu saya bezuk, kondisi beliau seperti menunjukkan perkembangan yang membaik...

ketika saya ucapkan doa dan saya bisiki betapa saya sayang sama beliau, dan saya ikhlas..beliau menatap saya ..dan...menangis...dan saya masih ingat jelas raut wajahnya....

Dan sore itu tanggal 15 Agustus 1989..ketika tidak ada satupun dari anaknya yang menungguinya..beliau pergi..

Sore dan hari-hari selanjutnya menjadi terasa berat bagi saya, ibu dan kakak-kakak..

Bagi saya..saya belum sempat menunjukkan apa-apa kepada beliau..

..tapi pesan beliau terakhir itu seperti menyihir saya..untuk belajar lebih keras dan berhasil menyelesaikan kuliah saya..

Hari ini..saya datangi pusara beliau..saya bersihkan dari rumput2 liar..taburi bunga

Bapak..bagaimana mungkin saya bisa melupakannya....

Bahkan usapan tangannya dipunggung ketika kami pergi bersama saat saya 7 thnpun masih terasa....

bahkan tiupan (sebul-an) pangestu didahi pada saat2 saya mau ujianpun masih membakar semangat.....

bahkan pelukan  permintaan maaf beliau sehabis marahpun masih terasa....(padahal  pasti karena ulah saya juga...)

Semoga Bapak beristirahat dengan tenang..semoga di ampuni segala dosanya, semoga di lapangkan kuburnya, semoga mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT...amien..

No comments:

Post a Comment