..Life only travells once..
..Today moments becomes tomorrow memories..
..Enjoy every moment, good or bad..
..Because the gift of life is life itself..



Monday 23 September 2013

Selamat Jalan Ibu Guru kami...



Inalillahi wa ina ilaihi rojiun...
Sore tadi  mendapat kabar dari rekan saya , yang memberitahukan bahwa Ibu Siti Aminah, Guru kelas 6 SD kami wafat. Beliau wafat jam 14.30 hari ini Senin, 23 September 2013 di Rumah Sakit Husni Thamrin, Salemba .

Ya Allah...baru beberapa minggu yang lalu, saya dan Ike (teman sebangku) datang untuk membezuk beliau...foto diatas adalah kondisi beliau sewaktu kami di sana.

Di kamar rawatnya yang ditemani oleh  saudaranya, beliau tampak lemah terbaring, kurus ...dan jelas tidak mengenali kami. Tentu saja..kami adalah 2 dari sekian banyak murid beliau dan kami lulus SD tahun 1979...

Perlahan kami coba buka ingatan beliau pada masa itu..saya tunjukkan foto kami sewaktu acara kartinian di sekolah..disitu Ibu Siti Aminah tampak segar, menggenakan kebaya diantara sosok kami yang masih kecil-kecil dengan pakaian daerah masing-masing...

Beliau takjub...'Kok masih menyimpan si foto itu ?'..dan ingatan beliau mulai terbuka..
'..Oh iya ini Ami yang dulu paling tinggi ya.?..hitam...' (waaa...masak si ya?..mungkin dulu sering panasan..) 'Ike yang rambutnya tebal....'(betul sekali)

Pembicaraan berjalan mengalir saja seolah tidak berjarak lagi...Beliau bercerita mengenai perjalanan karirnya  hingga usia 60 th..Mengenai sakit yang dideritanya selama beberapa tahun ini..suaminya yang sudah mendahului 15 tahun yang lalu, anak-anaknya...

Sambil terus bercakap-cakap, ingatan saya melayang pada masa beliau mengajar dulu... 
Bu Siti Aminah ini dikenal guru yang lumayan keras, tegas ..(masih tersisa ketegasan di nada bicaranya). 

Saya ingat, beliau memberikan les tambahan dirumahnya untuk pelajaran matematika menjelang ujian akhir.. Saya dengan sahabat saya Melva seminggu 2x ke rumah beliau naik sepeda. 

Saya ingat jaman dahulu setiap baris duduk  kebelakang ada satu anak yang bertanggung jawab, saya salah satunya.  Paling takut kalau sudah disuruh maju ke depan mengerjakan soal...

Tapi saya ingat..beliau  tidak pernah keras sama saya..yaa, saya si berusaha aja untuk tidak membuat beliau gusar. Bahkan di akhir sekolah kami disana, kami mempunyai kenangan khusus tentang beliau..Karena intinya beliau ingin kami semua berhasil...berhasil dalam sekolah dan tentu saja jangka panjang menjadi manusia-manusia yang tangguh menghadapi zaman...

Kembali saya tenggelam dalam pembicaraan bertiga ...
Rupanya beliau tidak mengetahui keadaan sebenarnya..kami tahu beliau sudah stadium berat dari informasi putrinya. Sinar matanya yang masih menyisakan semangat untuk hidup..

 ... Dipenghujung waktu, sewaktu kami hendak pamit, beliau berpesan..'Sampaikan salam untuk teman-teman ya...sampaikan ma'af Ibu, barangkali dalam mengajar dulu berkata atau bersikap tidak menyenangkan bahkan menyakitkan hati.., mohon do'akan Ibu semoga lapang dalam menghadapi penyakit ini..'

Kami mengangguk dan berjanji akan menyampaikan amanat tersebut...Kami beri semangat kepada beliau untuk sabar dalam menghadapi sakitnya..semoga segera diangkat oleh Allah penyakitnya dan diberi kesembuhan...yang terbaik menurut Allah...

Saya memohon ijin...' Ibu..bolehkah saya mencium Ibu?'..beliau mengangguk...saya cium pipi sosok yang berperan dalam perjalanan hidup saya  ini...saya genggam tangannya memberikan semangat untuk selalu tegar melawan penyakitnya...


....lalu kamu mohon diri...

Tak banyak yang kami bicarakan di perjalanan pulang...masing-masing menyimpan kenangan sendiri tentang Ibu Guru kami ini...

...dan....

Hari ini beliau tiada
Selamat Jalan Ibu Guru kami, Bu Siti Aminah
Terima kasih  sudah menjadi salah satu tinta yang mewarnai perjalanan hidup kami hingga sekarang ini..
Sudah saya sampaikan amanat  untuk menyampaikan permintaan ma'afnya...
Saya yakin...teman-teman sudah lama mema'afkan bahkan melupakan itu..

Semoga arwah beliau mendapatkan tempat yang mulia disisi Allah SWT, diampuni segala dosa dan kekeliruannya...dan Semoga Allah memberikan kekuatan. ketabahan . kesabaran dan keikhlasan bagi keluarga yang ditinggalkan....

Aamiin Ya Robbal'aalamiin....


2 comments:

  1. Semoga Ibu Siti Aminah dilapangkan kuburnya, Saya anak didiknya saat dikelas satu SMP Yasporbi. Selamat Jalan Ibu Guruku..

    ReplyDelete
  2. Aamiin Ya Robbal'aalamiin... salam kenal ..

    ReplyDelete